Semarak HUT RI Ke-73, Kemendagri Gelar Lomba Futsal, Catur dan Wayang Kulit

By Admin

nusakini.com--Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Ditjen Bina Pemdes) Kementerian Dalam Negeri(Kemendagri) menggelar berbagai lomba dalam menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) Ke-73.  

Beberapa rangkaian kegiatan untuk menyemarakkan Tujuh Belasan yang secara resmi dibuka pada Senin, 30 Juli 2018, diantaranya kejuaraan futsal antar komponen, pertandingan catur, gerak jalan sehat hingga pagelaran wayang kulit.  

Sekretaris Ditjen Bina Pemdes, Mohammad Rizal, saat membuka kegiatan HUT Kemerdekaan RI Ke-73 mengungkapkan, berbagai lomba yang diselenggarkaan diikuti seluruh komponen. Yakni Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP), Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pembangunan Daerah (Bangda), Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP).  

Selanjutnya Ditjen Bina Pemerintahan Desa (Bina Pemdes), Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Sekretariat Jenderal (Setjen) Kemendagri, Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendagri, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum), Ditjen Bina Keuangan Daerah (Keuda) dan Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan.  

Pada pembukaan pertandingan futsal kemarin, lanjut Rizal, diiringi dengan pelepasan balon merah putih sebagai tanda dibukanya rangkaian HUT RI Ke-73 Kemendagri. Pembukaan juga diramaikan dengan atraksi jugling bola/free style dari Ditjen Bina Pemdes serta ramah tamah antar jajaran direktorat pada lingkup Kemendagri.  

Khusus lomba catur, Rizal menuturkan perlombaan tersebut digelar sekaligus untuk memecahkan Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI). Adapun kejuaraan futsal, panitia memberlakukan sistem turnamen. Dalam babak penyisihan, tim-tim dari seluruh komponen akan berjuang untuk berebut menjadi tim terbaik hingga laga pamungkas. (p/ab)